Tuesday, February 19, 2008

Pengembangan Masyarakat di Natuna melalui Program COREMAP II



Natuna islands, sebuah kepulauan yang terletak di perairan laut cina selatan dan berada diantara negara Malaysia bagian semenanjung dan bagian borneo (kalimantan). Keindahannya mulai mudah dinikmati dan dijangkau semenjak telah berdaulat menjadi Kabupaten Natuna yang terdiri dari kepulauan natuna dan kepulauan anambas. Kemudahan tersebut karena ditunjang dengan mulai rutinnya penerbangan dari Batam menuju Ranai, ibukota Natuna setiap hari. Maskapai yang masuk adalah Riau Air Line (RAL) yang terbang dari Batam mulai pukul 10 WIB dan kembali dari Ranai pukul 13 WIB.

Keindahan yang mempesona tersebar berbagai tempat yang mudah dikunjungi karena transportasi darat sudah bagus dan transportasi laut yang disubsidi. Kota Ranai yang menghadap arah Timur tampak mempesona di pagi hari ketika mentari muncul dari ufuk (sun rise). Apabila ingin melihat panorama indah di sore hari (sun set), matahari tenggelam di Selat Lampa berwarna merah di atas permukaan laut diantara lengkungan pulau. Sangat indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Keinginan pemerintah daerah untuk mengembangkan potensinya yang melimpah dengan kekayaan sumberdaya mineralnya ini menunjukkan bahwa dengan potensi tersebut diarahkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Anak sekolah dari tingkat SD sampai SMU gratis, transportasi antar pulau bagi pelajar juga gratis agar anak usia sekolah tidak menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan pendidikan. Bagi lulusan SMU yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi juga dapat mengajukan beasiswa kepada pemerintah daerah agar dapat dibiayai dan dapat berprestasi. Bukanlah tidak mungkin, masyarakat di natuna ini di masa yang akan datang dapat menunjukkan potensi diri sebagai masyarakat yang sejahtera karena investasi pendidikan saat ini.

Kondisi tersebut terekan dalam perjalanan menuju lokasi-lokasi binaan Program COREMAP II yang dilaksanakan dalam rangka Mid Term Riview ADB (Asian Development Bank) pada medio bulan ini bersama Tim ADB yang terdiri dari Mr.M.Nasimu Islam, Mrs.C.Aragon, dan Mr.Homer Taylor. Mendampingi tim tersebut adalah tim dari PMO (Project Management Officer) COREMAP II Jakarta (Jamaluddin Jompa, Alina Tampubolon, Nurul Dhewani, Suraji, Deden Solihin, Sukendi Darmansyah, dan saya), PIU (Project Implementation Unit) COREMAP II di tingkat kabupaten, NGO/fasilitator, dll. Suasana meriah pun ditunjukkan saat kedatangan Tim melalui tabuhan rebana di atas dermaga. Serta penyambutan dengan tarian khas melayu Natuna.

Beberapa hal kemajuan yang telah dicapai dengan di lokasi-lokasi desa binaan COREMAP II di Kabupaten Natuna yang dikunjungi (Desa Sepempang, Pulau Tiga, dan Sedadap) adalah dengan telah dibangunnya Pondok Informasi dan Pos Pokwasmas, pengadaan kapal pengawas perikanan, berkembangnya mata pencaharian alternatif (fish cracker/kerupuk ikan, keramba jaring apung, VCO/virgin coconut oil, dll) serta peningkatan peran serta dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian sumberdaya perairan laut terutama sumberdaya terumbu karang.



1 comment:

VerĂ³nica Medina said...

Hola, yo lucho para que la anorexia y la bulimia no sigan matando gente.

http://www.verdadanaymia.blogspot.com

te invito a verlo y a ayudarme denunciando las paginas que promueven los desordenes alimenticios

My English is not good,
i have a blog, to denounce web that
to help to fall ill of bulimia and anorexia.

I want to invite you to visite my blog, Thank you